Prosedur Operasi Tulang Panggul dan Biayanya

Biaya operasi total hip replacement tiap rumah sakit bisa berbeda. Bergantung dari layanan-layanan yang kamu dapatkan dan bagaimana kondisi panggulmu secara keseluruhan. Operasi ini butuh kamu lakukan karena banyak alasan apalagi jika nyeri yang kamu rasakan sudah tidak bisa ditolerir lagi. Maka kamu harus segera operasi tulang panggul di rumah sakit yang kamu pilih.

Di Indonesia sendiri sudah banyak dokter spesialis bedah tulang yang bisa menangani hip replacement. Tapi kamu juga bisa mempertimbangkan operasi di luar negeri jika memang kamu lebih nyaman, aman dan merasa percaya dengan dokter pilihanmu.

Nah secara umum berikut ini beberapa prosedur operasi tulang panggul yang harus kamu pahami beserta tekniknya, dengan begitu kamu bisa membuat keputusan matang dimana kamu harus melakukan operasi ini.

Seperti Apa Kondisi Panggul yang Harus di Operasi?

Seseorang membutuhkan operasi total hip replacement apabila kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk diobati dengan fisioterapi, obat nyeri dan alat bantu jalan. Seperti:

  • Mengidap arthritis traumatis dan rheumatoid.
  • Terkena osteoarthritis.
  • Mengalami patah tulang panggul.
  • Mengidap tumor ganas maupun jinak.
  • Nekrosis avascular.
  • Dan kondisi lain yang berhubungan dengan radang persendian.

Teknik dan Prosedur Operasi pada Pasien Patah Tulang

Pada proses operasi tulang panggul yang disebabkan patah tulang seorang pasien akan membutuhkan tindakan invasif berupa pengirisan kulit di bagian tulang atau persendian. Jika sudah irisan tersebut akan ditutup kembali oleh dokter bedah.

Ketika operasi berlangsung pasien akan berbaring di meja operasi, posisinya akan menyesuaikan dengan area tulang yang akan mendapat operasi. Biasanya pasien akan mendapatkan suntuk bius lokal ataupun setengah badan. Bahkan bisa total apabila kondisinya terlalu parah.

Dokter bedah tulang akan membuat irisan kulita ataupun insisi pada bagian lokasi tulang yang mengalami cedera. Insisi yang dilakukan oleh dokter akan berkesesuaian dengan jenis operasi yang kamu jalankan.

Saat tindakan artroskopi dan juga osteotomi dokter hanya butuh paling tidak satu hingga dua irisan saja. Lain halnya dengan pemasangan pen, kamu akan mendapatkan insisi sepanjang tulangmu yang patah ataupun cedera.

Kemudian setelah insisi dokter akan menjalankan operasi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Untuk lama operasi bergantung bagaimana kondisimu dan teknik yang dokter gunakan. Selain itu juga bergantung pada tingkat keparahan cedera yang kamu alami.

Nah nanti jika dokter selesai melakukan operasi maka insisi akan ditutup dengan jahitan serta perban yang steril.

Lanjut dengan tahap pemulihan, lamanya bergantung dengan kondisi dan hasil operasi yang kamu jalankan. Bisa saja kamu perlu memasang gips agar tulang tidak bergerak setelah pemasangan pen, hal tersebut tentu akan mempengaruhi lamanya pemulihan.

Untuk biaya operasi total hip replacement biasanya kisaran 70 jutaan, bergantung pada kondisi dan rumah sakit yang kamu pilih yaa.

Related Posts

SSRI

Cara Kerja, Dosis, dan Efek Samping Obat Antidepresan SSRI

Saat seseorang depresi, salah satu obat antidepresn yang kerap diresepkan untuk mengelola gejala depresi adalah SSRI. Mungkin, Anda belum begitu familiar dengan obat yang satu ini. Jadi,…

custom jersey

6 Tips Custom Jersey Badminton di Konveksi

Custom jersey badminton adalah bagian penting bagi tim kamu. Karena jersey sendiri bisa menjadi lambang identitas tim kamu sehingga sebisa mungkin kamu harus membuat design yang lain…

manfaat telur bebek

Menyimak Beragam Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Selain telur ayam, telur bebek memang menjadi salah satu jenis telur yang paling banyak dikonsumsi. Bukan hanya karena ukuran kuning telur yang lebih besar atau bisa diolah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *